Bripka M. Taqim Sosok Polisi Yang Dekat Dengan Masyarakat

Bengkulu, Liputan7News. Com- Sosok Bripka M. Taqim memang selalu mendapat  tempat khusus di hati masyarakat Muara Kemumu, Kabupaten Kepahiang. Betapa tidak, di sela-sela aktivitasnya sebagai abdi negara, M. Taqim begitu ia akrab disapa, karena aksinya yang  kerap melakukan aksi kepedulian terhadap sesama. Serta melakukan kegiatan positif kepada masyarakat. Sehingga Polri semakin dicintai oleh masyarakat.

Salah satu Anggota Polisi yang berhasil Membangun Jembatan air ketenong atas dan air ketenong bawah.  serta ikut menjadi guru bantu dipondok pesantren Shofi Al-Mubarrod serta  membantu perkembangan pembangunan pondok pesanteren tersebut, dikenal dengan sosok ramah dan periang ini, sehingga mendapat posisi dihati masyakarat  Anggota Polri yang pernah menjabat Bhabinkamtibmas Polsek Bermani ilir  mecakupi wilayah Binaan  Desa Desa Batu Bandung, Sosokan Baru, Batu Kalung, Renah Kurung, Talang Tige Serta Desa Sosokan Tabah selalu menjadi buah bibir perbincangan ditengah masyarakat yang pernah menjadi wilayah binaannya. Serta meninggal kesedihan tersendiri saat Bripka M. Taqim berpindah tugas ke Polda Bengkulu.

Bripka M. Taqim Mengatakan, “Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas ( Polisi Masyarakat ) di Desa atau Kelurahan, dan Bhabinkamtibmas mempunyai fungsi Melaksanakan kunjungan atau sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya” kata Brikpa M. Taqim saat berbincang-bincang dengan Pewarta  Kamis (30/09), di sela aktivitasnya kesibukannya bertugas di Polda Bengkulu.

Ditambahkannya juga “Dengan memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan, Membimbing dan memberikan penyuluhan dibidang Hukum serta Kamtibmas untuk meningkatkan Kesadaran Hukum serta Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), serta tugas seorang Bhabinkamtibmas adalah menyebarluaskan informasi tentang kebijakan Pimpinan Polri yang berkaitan dengan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas ), serta Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan serta kegiatan masyarakat”.

Lanjut Bripka M. Taqim “Selain dari pada itu tugas kita adalah Memberikan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan, dan  menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif, Selalu Mengkoordinasikan upaya pembinaan Kamtibmas dengan Perangkat Desa/Kelurahan serta pihak-pihak terkait lainnya, Melaksanakan konsultasi, mediasi ,negosiasi, dan   fasilitasi dan motivasi kepada masyarakat dalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan maupun sosial”

Dan selain melaksanakan tugas pokoknya ia juga selalu melakukan kegiatan dengan cara Kunjungan rumah kerumah kepada seluruh wilayah penugasannya, Melakukan dan membantu memecahkan suatu permasalahan, Melakukan pengaturan dan pengamanan kegiatan masyarakat, Menerima informasi tentang terjadinya tindak pidana, Memberikan perlindungan sementara kepada orang yang tersesat, korban kejahatan serta pelanggaran, Ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit, Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas yang berkaitan dengan permasalahan Kamtibmas dan pelayanan Polri,. (Juliyanti)

 

 

Tinggalkan Balasan