Buka Acara Sosialisasi, Sutiaji: Dalam Institusi Besar Kita Tidak Bekerja Sendiri

Malang Kota,liputan7news.com – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji membuka acara Sosialiasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu (24/11/2021). Wali Kota Sutiaji mengungkapkan, bahwa kegiatan ini adalah upaya agar segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Malang agar mengerti apa yang menjadi tanggung jawab yang diemban. Setelah mengerti, maka bisa melakukan tanggung jawab sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kita berada di institusi besar, yaitu Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dan skala yang paling kecil di sini adalah Disporapar,” jelas Sutiaji.

Dalam institusi besar tidak bisa bekerja dan bertindak sendiri-sendiri, harus bekerja bersama dan saling mengingatkan. Tujuannya adalah tugas dan fungsi masing-masing di lingkungan Pemkot Malang berjalan dengan baik. “Agar semuanya berjalan maksimal, maka harus ada pengawasan yang dalam hari ini dilakukan kegiatan SPIP,” ujar Sutiaji.

Hal ini dilakukan agar apa yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan baik. Di mana sesuai tugas masing-masing dalam sebuah pemerintahan adalah berbagai bidang dan tingkatan. Mulai dari kepala seksi, kepala bidang, hingga kepala dinas yang secara berjenjang memiliki tugas masing-masing.

“Dalam tugas sebagai manusia tentu memerlukan pengawasan, berbeda dengan malaikat yang tidak memiliki nafsu. Malaikat saat ditugaskan ke utara, pasti ke utara. Hal ini berbeda dengan manusia yang memiliki nafsu.” Sambung Sutiaji.

Di mana nafsu cenderung mengajak kepada kesenangan dan mengabaikan risiko. Untuk itu, melalui kegiatan ini bisa bersama-sama mengingatkan kembali apa yang menjadi tugas masing-masing dan kontrol yang harus dilakukan.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Malang Dr. Ida Ayu Made Wahyuni, SH., M.Si mengatakan, kegiatan ini untuk mengembangkan kompetensi teknis ASN di Disporapar Kota Malang. Tujuannya agar ASN bisa semakin baik dalam menjalankan tugas yang menjadi amanah dari masyarakat. “Baik itu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai dengan pertanggungjawaban dibahas dalam kegiatan ini,” ujar Ida.(dw surya)

Tinggalkan Balasan