Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Hadiri Perayaan Hari Guru, Sutiaji: Tugas Guru Bukan Hanya Mengajar, Tapi Mendidik

Malang Kota, Liputan7news.com – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan apresiasinya kepada para guru Kota Malang pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tingkat Kota Malang 2021 di Gedung Islamic Center Kota Malang, Kamis (23/12/2021).

Tema acara ini adalah ‘Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.’ Wali Kota Sutiaji menuturkan, tugas guru bukan sebatas mengajar melainkan mendidik generasi penerus bangsa. Akan ada tantangan-tantangan yang dihadapi, termasuk salah satunya terkait masalah-masalah sosial. Sehingga menurutnya, sekarang sudah waktunya revolusi bukan evolusi lagi. Dalam menjawab tantangan tersebut, kata dia, dimulai dari pendidikan, sebab identitas dan karakter bangsa terbentuk melalui pendidikan.

“Indonesia merupakan negara demokratis, sehingga paradigma guru harus diubah. Sebagaimana unsur pendidik yang diajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara melalui keteladanan dan pendekatan secara emosional. Kedua unsur tersebut merupakan perpaduan antara aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik,” paparnya.

Pendidikan, lanjut Sutiaji, tidak hanya terkait dengan kecerdasan akalnya namun juga cerdas secara spiritual. Di mana hal tersebut adalah bagian dari tugas guru bersama dengan pemerintah, seperti membangun kebiasaan yang baik sehingga menjadi bagian dari karakter anak.

Pemkot Malang dengan PGRI terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Salah satunya dengan menguatkan dan meningkatkan pendapatan Kota Malang. Apabila komitmen tersebut dikuatkan, nantinya dapat dikembalikan kepada insentif guru. PGRI mempunyai kekuatan untuk memperjuangkan nasib guru. Dengan harapan peningkatan kesejahteraan selaras dengan kualitas kinerja.

“Kita bangun dan kuatkan etos kerja yang berbuah pada kinerja kita semua. Jadi adanya peningkatan kesejahteraan juga berbanding lurus dengan kualitas kinerja yang dibangun dengan baik. Sehingga melahirkan talenta-talenta yang luar biasa. Maka di sinilah tugas guru, tantangannya apa sulit boleh tapi jangan bilang tidak bisa. Pasti mampu, cari strategi,” ujar Sutiaji. Sementara itu, Dewan Pembina PGRI Kota Malang sekaligus Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana, SE., MM menyebutkan, dalam rangka HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021, PGRI telah melaksanakan berbagai kegiatan. Pertama, kegiatan seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang diikuti guru dan kepala sekolah di Malang Raya. Kedua, penyusunan laporan best practice dan artikel ilmiah.

“Ketiga, kegiatan lomba video pembelajaran interaktif yang diikuti guru TK, SD, SMP hingga SMA dan SMK. Selanjutnya, kegiatan bakti sosial dengan sasaran guru, karyawan, siswa yang terdampak Covid-19, banjir bandang, dan erupsi Gunung Semeru,” pungkas Suwarjana.

Turut hadir pada acara ini, Bunda PAUD Kota Malang Widayati Sutiaji, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST., MT, Ketua PGRI Provinsi Jawa Timur Drs. Teguh Sumarno, MM, perwakilan DPRD Kota Malang, Ketua PGRI Kota Malang Drs. Burhanuddin M.Pd, serta kepala SD dan SMP Kota Malang. (dw surya)

Share:

Tinggalkan Balasan