Jaga Keamanan Nataru 2022, Forkopimda Kota Malang Rapatkan Barisan

Malang Kota, Liputan7news.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang menggelar Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Gangguan Konflik Sosial dan Fasilitasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bulan Desember 2021 di Balai Kota Malang, Rabu (22/12/2021).

Tujuan acara ini untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 nanti. Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan. Namun kali ini dilaksanakan lebih besar dari biasanya, karena berada di penghujung akhir tahun 2021 dengan membahas kejadian-kejadian yang menonjol dan cara mengantisipasinya.

“Tadi sudah disampaikan kejadian menonjol apa saja selama Desember 2021 Sehingga bisa menjadi pembelajaran bersama agar semakin baik dalam penanganan,” jelas Sutiaji.

Forkopimda saat ini terus berpikir keras dan melakukan koordinasi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Malang. Apalagi sebentar lagi umat Nasrani akan merayakan Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu, keamanan dan kenyamanan mereka harus dipastikan oleh pemerintah.

“Tapi dalam kondisi pandemi tidak ada mobilitas, sehingga akan ada pembatasan kuota. Saya juga menegaskan keamanan itu bukan semata-mata menjadi tanggung jawab TNI dan Polri. Namun keamanan itu adalah tanggung jawab kita semua,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra. Rinawati, MM mengatakan, rakor ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 42 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Konflik Sosial. Hal ini juga menjadi ajang untuk terus membangun kerja sama dengan semua unsur pemerintah, aparat, dan masyarakat.

“Melalui ajang ini diharapkan terjalin komunikasi dan koordinasi yang bagus untuk menciptakan suasana kondusif di Kota Malang,” tegas Rinawati. (dw surya)

Tinggalkan Balasan