Kementerian PUPR Mengadakan Kegiatan Pelatihan Penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan

Mandailing Natal, Liputan7News. Com- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Program Pamsimas mengadakan kegiatan Pelatihan Penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan (Kerjasama Desa untuk kegiatan Air Minum dan Sanitasi), kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinas PMD Kabupaten Mandailing Natal sebagai Dinas yang menaungi Pemerintahan Desa .
Kegiatan ini dibuka oleh Kadis PMD Bapak Parlin Lubis yang diadakan di Hotel Payaloting pada hari Selasa 28 September 2021.

Kegiatan yang diikuti perwakilan peserta dari 19 Kecamatan yang dihadiri oleh Camat dan 65 Desa yang dihadiri oleh Kepala Desa / Sekretaria Desa yang dari selama ini telah menerima Alokasi Anggaran Program Pamsimas dr Tahun 2017 – 2021 di Kabupaten Mandailing Natal.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua gelombang, sehubungan pembatasan kegiatan tatap muka akibat Pandemi Covid 19.

Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 27-28 September 2021 yang dihadiri sebanyak 40 Peserta dan gelombang kedua 29-30 September 2021 yang dihadiri sebanyak 44 Peserta.

Selaku District Cordinator (DC) untuk Kabupaten Mandailing Natal Bapak Hemawan Yusri Manurung menyebutkan Air merupakan Kebutuhan Dasar dan kebutuhan yang penting dalam hidup dan kehidupan.

Beliau berharap Sarana Air Minum dan Sanitasi yang telah dibangun oleh Program Pamsimas dan telah diserahka untuk di kelola oleh Masyarakat melalui KPSPAMS (Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi) dapat berjalan dengan baik dan terus meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola Sarana Air Minum dan Sanitasi yang telah terbangun serta menjalin kerjasama baik dari dalam Desa ataupun dari luar desa/ pihak ketiga.

Selanjutnya Bapak Hermawan Yusri Manurung sangat berharap setelah berakhirnya Program dengan hasil apa yang telah terbangun menjadi Aset Desa harus dipelihara dan dijaga karena kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung keberlanjutan dan target universal akses Air Minum dan Sanitasi 100% sebagaimana amanat SDGs 2024 secara Nasional.

Oleh karenanya Pelatihan Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa dan Kecamatan ini dapat menjadi awal mula untuk mewujudkan target pencapaian 100 % Air Minum dan 100% Sanitasi.

Pewarta : Wahyu Rais Daulay

Editor : Iman Sp. Noya 

Tinggalkan Balasan