Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Sulawesi Selatan 2021, Bumi Lamaranginang Raih Predikat Tertinggi

LUWU UTARA, Liputan7news.com – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik pada tahun 2021 sebagai badan publik terbaik, kategori informatif.

Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang dengan nilai 95,80 menjadi kabupaten dengan nilai tertinggi disusul Kabupaten Sinjai 92,01 dan diurutan ketiga dengan nilai 90,55 Kota Pare-Pare.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan diwakili Sekretaris Daerah Abdul Hayat Gani mengatakan, penganugerahan ini sangat penting untuk mengakselerasikan upaya terbaik badan publik melalui berbagai inovasi yang terus berkembang.

Pemberian ini juga dilakukan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan transparan.

“Hasil penilaian ini menjadi sarana introspeksi semua sarana badan publik untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya,” sebut Abdul Hayat dalam sambutannya.

Namun di samping itu Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan mengingatkan, supaya ke depan seluruh Badan Publik menguatkan komitmennya dalam bekerja keras dan semakin cermat memberikan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

“Saya ingin mengajak masyarakat luas untuk ikut partisipasi dalam menggunakan hak atas informasi serta turut mengawasi proses implementasi dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Karena kunci keberhasilan keterbukaan informasi publik adalah kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan,” tambahnya.

Sementara Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, Pahir Halim diajang Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tingkat Provinsi Sulsel di Hotel The Rinra Makassar, Rabu 15 Desembef 2021 mengatakan bahwa, informasi selalu menjadi mulut, menjadi telinga dan mata dari rakyat kepada penyelenggara negara.

“Yang pasti kita perlu jaga keterbukaan itu menjadi bagian, agar segala deviasi dan segala kekurangan bisa segera kita koreksi. Oleh karena itu saya apresiasi tingkat partisipasi pemerintah kabupaten, kota dan badan publik lainnya seperti pemerintah desa sangat tinggi. Hal itu, katanya bisa dilihat tingginya partisipasi dan kualitas pada saat monev.

Sekadar diketahui pada ajang penganugerahan ada 3 (tiga) kategori yang dilombahkan yakni, kategori Informatif, Menuju Informatif dan Cukup Informatif. Dimana Desa Bantimurung meraih peringkat Menuju Informatif dengan nilai 80,82.

Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Utara mewakili Bupati Luwu Utara bersama Arief R Palallo Kadis Kominfo-SP dan Misbah Kadis PMD Lutra, menyampaikan terimakasih atas perhatian Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan seluruh jajaran Komisi Informasi Publik yang memberi kepercayaan besar terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dalam mengelola informasi publik.

“Ke depan kami akan meningkatkan apa yang menjadi harapan masyarakat, terutama dalam managemen pengelolaan informasi publik,” harapnya.

Share:

Tinggalkan Balasan