Pengairan Sawah dan Distribusi Air PLTA Desa Tanjung Brugo.

Merangin, Liputan7News. Com- Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat Desa.

Abdullah Amin, bersama warga Desa Tanjung Brugo Kecamatan Lembah Masurai Kecamatan, Menuturkan kegiatan Gotong Royong Perbaikan Irigasi yang kurang lebih Satu Bulan dilaksanakan sudah membuahkan hasil.

Yang mana Fungsi irigasi selain Mengairi Persawahan Tadah hujan, juga sebagai sumber Tenaga Pembangkit Listrik, Pemutar Turbin dengan Tenaga Air, dengan Kekuatan Keluar arus listrik saat ini baru Mencapai 8000 Watt ungkap Amin.

Perbaikan Irigasi Kreatif ini menggunakan Terpal Plastik ( waterproof ) sebagai lantai sekaligus dinding irigasi, innovasi kreatife ini berkat pikiran warga desa Demi mendapatkan Cahaya.

Irigas menggunakan Media Terpal Waterproof ini mencapai panjang 43 Meter, Sumber Dana dari penghasilan PLTA itu sendiri.

PLTA yang digunakan warga desa, memang tidak semua warga Desa Tanjung Brugo menghandalkan Pasokan Listrik dari PLTA ini saja, namun Kreativitas dan Innovasi serta Gotong Royong kerjasama ini yang mendapatkan Apresiasi.

Pahrul.Sp Kades Tanjung Brugo menyampaikan,hal menyangkut Jebolnya irigasi ini, kami sudah koordinasi dengan tokoh masyarakat,dan kelanjutannya kami akan Ajukan pertimbangan Perbaikan di dinas Pertanian Holtikuktura Kabupaten dalam waktu dekat ini.

Melalui Pesan singkat Whatsapps 20 September 2021 pukul 21:42 Wib.
Pargito Pejabat di Dinas Pertanian Holtikuktura Kabupaten Merangin juga menyampaikan pada awak media Liputan7news.com, “sebenarnya itu bukan bagian saya, tapi ada baiknya koordinasi dengan Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Holtikuktura”, ungkap Pargito tegas.

M. Lubis S.pd Camat Lembah Masurai Senin 27 September 2021 pukul 07:43 wib Melalui Komfirmasi Via Telpon menjawab beberapa point penting mengenai irigasi tersebut yakni.

Pertama, hendaklah setiap permasalahan menyangkut Desa, ada baiknya sampaikan lah pada Camat selaku pimpinan di suatu Kecamatan, agar pihak kecamatan tahu keluhan di Masyarakat. Kedua, Dari Kecamatan hanya mampu Mempalitasikan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu Pemerintah Kabupaten, Sampai Lubis

Pewarta : Hambali

Editor : Juliyanti

Tinggalkan Balasan