Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Peran Bhabinkamtibmas Dalam Menjaga dan Mencegah Kejahatan Kriminal Yang Terjadi Di Masyarakat

Gowa / Liputan7news.com

Bhayangkara Bimbingan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) adalah ujung tombak dari keberhasilan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di lapangan yang mempunyai tugas pokok memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Bhabinkamtibmas akan dihadapkan pada banyak permasalahan dalam masyarakat yang harus dapat di kelola agar keamanan dan ketertiban tetap terjaga dengan baik, karena bila hal ini diabaikan maka kejahatan akan semakin berkembang di masyarakat.

Seperti halnya yang terjadi di Kelurahan Paccinongang berbatasan Kelurahan tombolo dini hari tadi yang mana Bhabinkamtibmas Brigadir Kepala (Bripka) H. Andi Akhzan saat melakukan patroli bersama anggota penjagaan berhasil mengamankan tiga orang anak remaja yang sedang nongkrong di pinggir jalan Kacong Dg Lalang Kelurahan tombolo dekat patung massa. Senin (24/01/22) Pukul 00.56 Wita.

Saat dilakukan penggeledahan
ditemukan dan mengamankan 6 (enam) buah mata busur, 1 (satu) buah ketapel, 6 (enam) pasang sendal dan 1 (satu) buah HP dan selanjutnya mengamankan ketiga anak remaja tersebut bersama barang bawaannya ke polsek somba opu gowa untuk dilakukan interogasi lebih lanjut.

Adapun ketiga pelajar yang sementara diamankan masing masing Lk. Arya (14 thn), Pekerjaan Pelajar SMP Sungguminasa, Alamat Jalan. Abd Muthalib Dg. Narang Kelurahan Paccinongang Somba opu gowa, Lk. Fahri,(13 thn), Pekerjaan Pelajar SMP Sungguminasa, Alamat Btn Gowa Sarana Indah Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba opu gowa, dan Lk. Alif, (15 thn), Pekerjaan Santri Ponpes Riyadussholihin Malino, Alamat Btn Gowa Sarana Indah Kel Tombolo Kec Somba opu gowa.

Atas kejadian tersebut, selaku bhabinkamtibmas Bripka H. Andi Akhzan berkoordinasi Babinsa dan ketua RT masing masing alamat ketiga pelajar tersebut untuk mengarahkan orang tuanya hadir ke polsek somba opu untuk melihat dan mendengar langsung pengakuan anaknya.

Ketiga anak remaja yang diamankan tersebut rencana hari ini hadirkan orang tuanya masing masing untuk dilakukan pembinaan agar mereka dapat mengetahui perbuatan anaknya selama ini untuk tidak mengulangi perbuatannya yang dapat meresahkan masyarakat atau menimbulkan terjadinya kejahatan jalanan serta pemicu terjadinya perang kelompok dan lainnya.

“Disinilah tugas dan peranan polri khususnya bhabinkamtibmas dalam menjalankan tugasnya mampu menangani setiap permasalahan baik secara Preemtif, Prevemtif maupun Persuasif dalam penanganan suatu masalah berkaitan Harkamtibmas.”

Kapolsek Somba opu membenarkan “Adanya tiga orang pelajar yang sementara nongkrong di pinggir jalan dini hari tadi dan berhasil diamankan bersama barang bawaannya berupa anak busur dan ketapelnya saat dilakukan penggeledahan dengan membawanya ke polsek untuk dilakukan interogasi dan pembinaan dengan menghadirkan masing-masing orang tua pelajar tersebut.” ungkap Kapolsek KOMPOL Abdul Rasjak S.Sos., MH.

(Humas Somba)

Pewarta (Jabar)

Share:

Tinggalkan Balasan