Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Rangkaian Musrenbang Berakhir Di Kecamatan Bakauheni, Pemkab Lampung Selatan Kucurkan Anggaran Rp10 Miliar

Bakauheni, Liputan7news.Com-Rangkaian Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan berakhir di Kecamatan Bakauheni, di desa Hatta, pada Jum’at (18/2/2022).

Untuk kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kucurkan anggaran pembangunan sebesar Rp.10.295.253.784 untuk Kecamatan Bakauheni.

Anggaran itu terdiri dari anggaran operasional Kecamatan Bakauheni sebesar Rp1.510.338.314 dengan total Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp8.784.915.470.

Pada kesempatan itu, Camat Bakauheni Pirma Romayansyah mengungkapkan, mengenai inovasi pada pelayanan adminitrasi yang akan dilaksanakan di wilayahnya. Adapun inovasi tersebut diberi nama PELUMAS (Pelayanan Umum Masyarakat).

menjelaskan, berbagai pelayanan yang akan diberikan pada program PELUMAS yaitu, pelayanan E-KTP, pelayanan BPJS dan pelayanan KUA. Kemudian, untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi, berharap juga membuat laman resmi situs web kecamatan yang dapat dikunjungi di bakauheni.lampungselatan.com.

“Inovasi Kecamatan Bakauheni memiliki inovasi yang kami beri nama PELUMAS, yaitu Pelayanan Umum Masyarakat. Adapun pelayanan tersebut masih dalam tahap persiapan tempat pelayanan,” tulisnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto kembali menegaskan, agar semua jajaran terkait terus memperhatikan kualitas pendidikan ditengah masyarakat. Terutama pada masa golden age (usia emas) di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menurutnya, pendidikan pada masa keemasan dapat menjadi bekal yang baik bagi pendidikan akademik anak kedepannya. Hal ini dikarenakan, pada usia tersebut anak mengalami perkembangan otak yang sangat pesat hingga mencapai 80 persen.

Namun demikian, Nanang meminta agar hal tersebut juga dengan pemenuhan 32 hak anak. Dengan begitu, anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan tidak melupakan hakekatnya sebagai seorang anak.

“Inilah yang sangat prihatin dimana interakksi dengan anak-anak ini sangat dibutuhkan, namanya anak saja, salah atau benar tapi mereka punya keberanian yang luar biasa. Maka disini butuh suatu latihan tapi tidak bisa dipaksa, ada bunda PAUD nya nih titip jangan ada kekerasan dalam pendidikan, terutama pada anak usia 3 tahun ke bawah,” kata Nanang.

Musrembang Dana Desa

Melalui persiapan kualitas pendidikan yang baik pada anak, kata Nanang, akan menjadi modal dasar dalam memajukan generasi bangsa. Dengan begitu, Lampung Selatan dapat terus bersaing dan berkembang di era global seperti saat ini.

“Kita harus mempersiapkan putra-putri kita, ini saatnya bapak ibu sekalian, tantangan yang berat, yang harus kitatangani adalah putra-putri kita memiliki keterampilan, kemampuan untuk menghadapi tantangan kedepan. Termasuk saat menghadapi Bakauheni Harbour City (BHC) yang sedang dibangun saat ini,” ujarnya. (musmulyadi)

Share:

Tinggalkan Balasan