Wali Kota Sutiaji Lantik Forikan Periode 2021 – 2023

Malang Kota, Liputan7news.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggelar Gebyar Hari Ikan Nasional dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional 2021 di Kartini Imperial Building, Selasa (23/11/2021).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji melantik Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Malang Tahun 2021-2023. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga digelar lomba TikTok dengan tema ‘Isi Piringku’, lomba cipta olahan ikan, dan Seminar Olahan Hasil Perikanan juga digelar untuk memeriahkan Hari Ikan Nasional 2021 ini. “Gemar makan ikan itu menjadi keharusan. Karena banyak vitamin yang dihasilkan dari makan ikan,” pesan Wali Kota Sutiaji.

Meskipun Kota Malang tidak memiliki laut, paparnya, ajakan gemar makan ikan tetap menjadi sebuah keharusan untuk memberi tambahan nutrisi bagi generasi penerus bangsa. “Makanya tadi di sini juga ada lomba cipta olahan ikan. Sehingga bagaimana anak-anak yang awalnya tidak suka dengan ikan, mungkin karena amis dan seterusnya, bisa menjadi tertarik untuk makan ikan karena diolah sedemikian rupa. Begitu pula dengan lomba Tiktok yang menyajikan bagaimana manfaat ikan sehingga anak-anak bisa senang makan ikan. Inilah bentuk upaya kita,” ujar orang nomor satu di Pemkot Malang itu.

Menurutnya, dengan kegemaran mengkonsumsi ikan, bisa mempengaruhi tingkat stunting di Kota Malang. Di mana semakin gemar mengonsumsi ikan, maka tingkat stunting bisa menurun karena kebutuhan gizi terpenuhi.

“Tren sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kita tentukan memang turun terus. Meski angka stunting kita mengalami penurunan, tapi perlu diwaspadai karena begitu angka kemiskinan naik ada potensi angka stuntingnya juga naik. Sehingga harapannya dengan kegiatan memperingati Hari Ikan Nasional ini bisa meningkatkan kegemaran orang untuk makan ikan,” terang Sutiaji.

Sementara itu, Plt. Dispangtan Kota Malang, Sri Winarni, SH., MM menjelaskan bahwa dengan dikukuhkannya Forikan, mampu memadukan gerak dan langkah semua unsur yang terkait dalam upaya peningkatan konsumsi ikan. “Sehingga dapat mendorong terciptanya upaya peningkatan konsumsi ikan dan dapat mengubah perilaku masyarakat Kota Malang untuk mengonsumsi ikan scra teratur dan dalam jumlah yang memadai,” jelas Sri Winarni.

Selain itu, Forikan juga hadir dalam rangka mendukung program nasional dalam penanganan stunting dan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Jadi Forikan ini akan berperan sebagai inspirator, kreator, motivator, dan aktivator program gemar makan ikan dan mendukung ketahanan pangan nasional,” tambahnya.

Selain itu dalam Gebyar Hari Ikan Nasional 2021 ini, Dispangtan turut menghadirkan berbagai lomba. Di mana perlombaan tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di Kota Malang yang cepat saji dan juga edukasi ke masyarakat melalui lomba Tiktok.

“Tidak kalah penting, kami juga menggelar seminar tema Olahan Hasil Perikanan dari kelompok pengolah dan pemasar ikan hasil UMKM. Hal ini guna meningkatkan wawasan dan keterampilan pelaku usaha dan masyarakat dalam mengolah ikan jadi produk yang sarat gizi, siap saji, bernilai ekonomi, dan mendorong pemasarn hasil ikan dari UMKM pengolahan ikan Kota Malang,” katanya.

Dari kegiatan pengolahan hasil perikanan inipun, juga mampu mendukung UMKM berperan dalam pemulihan ekonomi. “Semoga kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang sehat bisa meningkat. Juga momen ini sebagai pengingat bahwa Indonesia miliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal,” terangnya. (dw surya)

Tinggalkan Balasan