Warga Kota Bengkulu Mengaku Belum Pernah Tersentuh Bantuan

Kondisi rumah tempat tinggal keluarga Ibu Kasni Anita (36) benar-benar tidak layak huni

BENGKULU,Beritarafflesia.com- Kondisi rumah tempat tinggal keluarga Ibu Kasni Anita (36) benar-benar tidak layak huni. Padahal rumah keluarga yang tidak mampu ini tidak jauh dari rumah Dinas Walikota Bengkulu yang terletah di Jl. Cendana I, Gang Jambu III, RT 08 RW 02, Kel. Sawah Lebar, Kec. Ratu Agung Kota Bengkulu.

keluarga Ibu Kasni Anita (36) yang merupakan warga kota Bengkulu ini memiliki latar belakang dari sebagai warga yang tidak mampu, dan sangat membutuhkan batuan dari para darmawan baik dari pemerintah maupun masyarakat yang tergolong sebagai pengusaha.

Untuk di ketahui rumah berdinding papan dan hanya berlantai tanah dengan ukuran sekitar 3×6 meter serta peralatan rumah seadanya tersebut dihuni oleh ibu Kasni dan suaminya Bapak Burmawi (48)beserta  4 orang anaknya ini sangat memperhatinkan.  Pasalnya miskupun tercatat at sebagai keluarga miskin, namun keluarga ini belum perna menerima bantuan dari pemerintah baik kota maupun provinsi Bengkulu.

Dikisahkan Ibu Kasni Anita, sejak beberapa tahun terakhir dirinya sering didata pak RT setempat, namun hingga video kondisi rumahnya viral di medsos, keluarganya tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan bantuan langsung dari Dinas Sosial Provinsi Bengkulu. Kami ucapkan terima kasih dan semoga tempat kami berteduh bisa semakin layak,” ungkapnya haru, Sabtu (04/09).

Sementara itu Ketua RT 08 RW 02 Kel. Sawah Lebar Basri juga menyampaikan ucapan terima kasih, baik kepada media maupun pihak yang telah mengekspose kondisi warganya hingga viral di medsos dan juga kepada Dinas Sosial Provinsi Bengkulu yang gerak cepat menyerahkan bantuan.

“Saya selaku Ketua RT di sini menyampaikan terima kasih. Sekarang bantuan telah ada dari Pemprov Bengkulu, kami juga harapkan bantuan dari Pemda Kota Bengkulu. Jadi menurut saya tidak perlu ada yang memojokkan atau dipojokkan dalam kondisi ini. Mari kita menyelesaikan permasalahan sosial masyarakat kita secara bersama,” ungkapnya.

Doc Poto/ Phr :  Kondisi rumah tempat tinggal keluarga Ibu Kasni Anita (36) bersama suaminya dan 4 orang anak, sudah  dihuni selama 7 tahun, tapi belum perna mendapat bantuan dari pemerintah

Diketahui pagi ini Sabtu (04/09), Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar Zo langsung ke lokasi untuk menyalurkan bantuan.

“Pagi menjelang siang hari ini, kami menyampaikan bantuan kepada keluarga Ibu Kasni. Memang secara kondisi rumah keluarga ini pantas diberikan bantuan, apalagi suaminya hanya bekerja sebagai kuli panggul/ buruh harian lepas,” jelas Kadis Sosial Provinsi Bengkulu Iskandar ZO usai meninjau rumah dan menyerahkan bantuan.

Adapun bantuan yang disampaikan yaitu berupa bahan sembako, 1 paket peralatan dapur, paket anak dan lansia, 15 sak semen dan seng 1 kodi.

Tidak hanya sebatas pemberian bantuan tersebut, Iskandar ZO memastikan keluarga Ibu Kasni Anita akan mendapatkan bantuan keluarga tidak mampu lainnya. Seperti program bantuan PKH, bantuan BPJS Kesehatan dan bantuan pendidikan bagi anaknya.

“Jadi tidak hanya sebatas bantuan ini saja, ke depan keluarga ini juga akan dimasukkan ke dalam penerima bantuan keluarga tidak mampu lainnya. Kita juga tadi telah berkoordinasi dengan pihak Pak Lurah dan Ketua RT setempat untuk menindaklanjuti terkait data keluarga Ibu Kasni ini,” imbuhnya.

Sementara itu, menyikapi masih didapatinya kondisi keluarga tidak mampu seperti kondisi keluarga Ibu Kasni tersebut. Kadis Dinas Sosial Provinsi Bengkulu memastikan akan melakukan pendataan secara berkala dan akurat di seluruh kabupaten kota melalui TKSK, sehingga kondisi keluarga seperti ini bisa cepat ditangani oleh pemerintah.

“Tentu dengan data yang didapati dari pihak RT, sehingga data real bisa didapatkan tim TKSK. Kita juga berharap masyarakat jujur terkait kondisi tempat tinggal dan keluarganya,” pungkasnya.(BR)

Tinggalkan Balasan